Cara Kerja Sensor Fingerprint Pada Smartphonemu

Cara kerja sensor fingerprint – Saat ini teknologi pengaman dengan sidik jari sedang sangat banyak diminati oleh penggun smartphone. Bagi anda yang ingin mengupgrade smartphone kamu dengan yang ada fitur fingerprint nya, kamu tidak harus merogoh kocek terlalu dalam, karena sensor fingerprint ini sudah dibekalkan juga kepada smartphone murah yang biasanya dibanderol dengan harga 1-2 jutaan.

Bila dibandingkan dengan fitur keamanan lainnya seperti PIN, password, atau pola. Fingerprint ini memang lebih praktis sebagai kode akses untuki mengaktifkan smartphone kamu. Dan system ini tidak mudah dibobol oleh setiap orang, karena jika ada orang yang ingin membobol smartphone kamu, orang itu harus memiliki sidik jari kamu terlebih dahulu.

Seiring dengan inovasi keamanan teknologi, fitur keamanan dengan menggunakan fingerprint ini memang cepat dan lebih akurat dalam tugasnya. Sudah tahu cara kerja fingerprint? Kalau belum, mari kita bahas di artikel blog www.chiaripeople.org bawah ini.

Finger Print

Pemindai sidiki jari juga memiliki berbagai jenis dan macam, berikut kita bahas sedikit tentang

Cara Kerja Pemindai Sidik Jari

  1. Optical fingerprint scanner

Ini adalah metode fingerprint tertua, yang memindai sidik jari dengan memanfaatkan cahaya, biasanya pemindai ini terbuat dari kaca kemudian jari diletakkan di atasnya untuk dipindai.

Teknologi ini memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah teknologi ini hanya mampu menangkap gambar 2D dan kurang aman karena bisa di manipulasi. Artinya jika jari kotor atau kulit terkelupas akan dapat membuat pemindai gagal mengenali sidik jari kamu.

  1. Capacitive fingerprint scanner

Jenis yang paling umum ditemukan pada fingerprint adalah jenis pemindai ini. sensor ini sudah menggunakan ultrasonic atau kapasitans (capacitive). Sensor inilah yang saat ini banyak digunakan pada smartphone.

Seperti namanya, sensor kapasitif ini memanfaatkan alat semacam kapasitor untuk menyimpan aliran listrik yang kemudian disambungkan dengan piringan konduktif yang ada pada layar smartphone sehingga dapat melacak detail dari sidik jari kamu.

  1. Ultrasonic fingerprint scanner

Sensor yang terbaru ini adalah sensor ultrasonic fingerprint scanner yang sudah menggunakan gelombang ultrasonic pada saat memindai sidik jari. Hasil dari pemindaiannya pun sudah memiliki kualitas tiga dimensi, yang membuat kemungkinan pemalsuan sidik jari dapat minimalisir.

Ultrasonic fingerprint ini bisa bekerja meskpin tangan kamu kotor penuh dengan debu, kotoran, hingga berkeringat. Ultrasonic fingerprint ini juga dapatberfungsi meskipun melalui permukaan kaca terlebih dahulu. Sepertinya sensor fingerprint ini akan diaplikasikan pada smartphone high-end yang akan mucul tahun ini seperti Samsung Galaxy S8, iPhone 8 dan smartphone lainnya.

Semakin hari permintaan smartphone dengan sensor pemindai sidik jari, semakin meningkat. Selain dari fitur keamanan yang sudah sangat terjamin. Adanya sensor ini juga membuat tampilan smartphone menjadi terkesan lebih mewah. Sehingga membuat para produsen smartphone berlomba – lomba untuk memunculkan sensor fingerprint ini pada smartphone buatannya.

Leave a Reply